Kamis, 05 Februari 2009

Ice Breaker (vol_1)



Berikut adalah kumpulan Games &  Ice Breaker yang dapat dipakai untuk mencairkan suasana.

1. M&M
tujuan: mengenal peserta & menambah keakraban.
ada beberapa contoh icebreakernya:
- pake M & M warna - warni (merah/M, kuning/K, hijau/G, dll)
taruh M & M dlm wadah terus dirolling ke masing2 peserta.masing2 disuruh ambil seberapa bnyk yg mrka suka & terserah warna apa.
stlh itu baru dikasih petunjuk spt : yg punya warna merah/M harus menceritakan hal-hal yg disukainya, dll.
jadi tiap wrna ada prtanyaannya & ini hitungannya setiap butir M & M.jadi kalo ada yg maruk ... kena deh..... qe3x....
- pake tusuk gi2
hampir sama kyk di atas tapi pertanyaannya cuman 1.kalo dulu pertanyaan yg gw pake: ceritakan hal2 yg tidak diketahui peserta2 di sini ttg kamu utk setiap tusuk gi2 yg kamu ambil.... qe3x.....

2. Instruksi
tujuan: menambah keakraban/mancairkan suasana
icebreaker ini lebh baik dipake pada jmlh peserta 4-6 org/group.
jumlah group sebaiknya >2.
cara permainan: bagi peserta ke dlm group2 tsb (note: sebaiknya peserta2 yg dtng bareng2 or saling kenal baik dipisah groupnya). 
beri instruksi2 tertentu & group2 harus segera menyusun barisan sesuai instruksi. oia jgn lupa: kasih batas waktu (bisa dihitung langsung) sktr 5 hitungan aja dah cukup.
group menanggapi instruksi dgn bener & juga paling cepatlah yg menang..
cnth instruksi:
- susun barisan berdasarkan urutan umur yg paling tua... (siapa yg mo ngaku?)
- susun barisan berdasarkan baju yg paling rapi
- susun barisan berdasarkan hidung yg paling mancung
- susun barisan berdasarkan yg paling manis.. (pada berebut kali yee... hi3x....)

3. "Take them out" 
dasarnya sih kuis Alkitab, tapi kalo kuis Alkitab biasa kayaknya sih boring, jadi game ini  mencoba cara yg lebih variatif. 
siapkan list pertanyaannya dari yg paling susah sampe yg paling mudah. (diusahakan soalnya banyak, kayaknya ada deh buku2 kumpulan pertanyaan Alkitab)

cara bermainnya gini : 
- mc (ato juri ato yg mimpin acara) akan menanyakan satu pertanyaan dan menjadi rebutan. (bagusnya sih "bel"-nya jgn cuma tunjuk tangan ato pake bel, suruh niruin suara hewan gitu, bagus lagi kalo suruh sambil joget.. ) 
- siapapun dr grup manapun yg menjawab dgn benar maka grup itu boleh memisahkan 1 anggota dari grup lawannya. jadi kalo grup co yg jawab bener, maka grup co berhak mengeluarkan 1 ce dari grupnya, di "vote out" lah istilahnya. 
- the fun of this game is : co/ce yg 'pinter' dlm hal Alkitab, siap2 aja jadi korban pertama. jgn lupa kasih gambaran umum dulu siapa2 aja yg jadi top target dari grup ce dan grup co. 
- semakin lama pertanyaannya akan semakin gampang (lain dgn kuis biasa), krn yg jago2 uda ga ada. yg uda ter-vote out boleh kasih saran siapa yg akan di vote-out oleh grupnya tapi ga boleh bisik2 jawaban ato kasih clue. 
cocoknya si buat Bible Camp, ato retreat pengurus... (kekuatannya setara.... )

4......... (no title)
ini sih yg paling gampang. 
- 1 orng dari tiap grup berdiri saling membelakangi, pada aba2 ke tiga, mereka harus balik ke belakang. nah kalo mereka saling bertemu muka (misalnya co balik kanan, ce balik kiri) maka ce kalah dan harus berpisah dari kelompoknya, kalo yg terjadi sebaliknya (co balik kanan, ce balik kanan juga),maka co yg kalah dan bilangan grup mereka berkurang 1. 
- kalo mo divariasiin, kayak duel koboi jaman dulu, masing2 maju sampe tanda batas, trus jalan muter, baru balik badan. jadi yg ce menghadap ke grup co, yg co menghadap ke grup yg ce. 
- yg ini sih simple banget, tapi ga ada yg tau siapa yg akan menang sampai the last one standing.... 

cuma bingungnya sih hadiahnya, siapapun yg menang jumlahnya banyak... 
paling yg kalah suruh kerja2 lebih banyak aja... 

Alkitabiah-nya juga ga susah kok, kalo yg pertama kan harus tau soal Firman Tuhan, yg kedua paling, kalo firman Tuhan sudah meresep maka ikutlah kata hati, krn sudah biasa dng suara Tuhan.. (agak maksa ga sih... ).

5. Pasangan Kompak
Perlengkapan: kayu/tongkat pendek, tali, donat
Permainan ini dimainkan berpasangan

1. Ikatkan donat ke tali, seperti alat pancing.
2. Minta peserta untuk saling berpasangan dan saling berhadapan. Beri jarak yang cukup sehingga panjang talinya pas dengan jarak mereka.
3. Beri waktu 15 menit untuk mereka saling menyuapi donat sampai habis.
4. Pasangan yang paling cepat menghabiskan donat yang jadi pemenangnya.
5. Supaya lebih susah, minta peserta untuk saling memunggungi sehingga mereka tidak bisa melihat pasangan mereka masing-masing.

6.Cari Pasanganmu
Perlengkapan: gambar aneka binatang yang cukup besar, kemudian potong menurut anggota badannya (kepala, tangan, kaki, ekor dst).
Waktu: 15 menit
1. Tempelkan potongan-potongan gambar itu ke punggung masing-masing peserta.
2. Ketika menempelkan potongan gambar itu, jangan sampai mereka tahu gambar yang ditempelkan di punggung mereka karena mereka harus saling bekerjasama satu sama lain.
3. Minta mereka untuk mencari anggota badan yang lain yang cocok dengan yang ada di punggung mereka. Bila sudah menemukan, mereka harus berkelompok sesuai dengan jenis binatang. Yang paling cepat melengkapi adalah pemenangnya

7.Menghafal Nama
Perlengkapan: name card bertuliskan nama tokoh-tokoh Alkitab sebanyak jumlah peserta
Permainan ini lebih cocok dimainkan di kelompok yang sudah saling mengenal, tidak cocok dimainkan di kelompok baru yang belum saling mengenal.
1. Minta peserta untuk memakai name card itu.
2. Beri waktu sekitar 30 menit untuk peserta menghafalkan ‘nama baru’ mereka sebanyak-banyaknya.
3. Setelah waktu habis, minta semua peserta untuk menyembunyikan name card mereka.
4. Pemimpin permainan kemudian mengecek apakah mereka sudah menghafal dengan baik atau tidak. Tentu saja yang menang adalah yang bisa menghafal paling banyak.
5. Terakhir, pemimpin permainan dapat juga mengecek apakah mereka sendiri hafal nama baru mereka atau tidak. Mungkin saja karena sibuk menghafalkan nama orang lain, sampai lupa dengan namanya sendiri

8.Basket BAlon
Perlengkapan: balon beberapa buah, keranjang sampah yang cukup besar
Permainan ini dimainkan secara berkelompok. Lebih baik dimainkan indoor, supaya balonnya nggak terbang ditiup angin :-P
Waktu permainan: 30 menit
1. Bagi peserta dalam kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang, sama seperti team basket. Boleh kurang dari 5, tapi jangan lebih dari 5.
2. Letakkan keranjang sampah, satu buah di sebelah kanan dan satunya lagi di sebelah kiri. Letakkan agak berjauhan, untuk memberi tempat yang cukup luas supaya team basket dapat bermain.
3. Cara permainannya sama persis dengan permainan basket. Masing-masing team berlomba untuk memasukkan balon ke keranjang lawan. Pemain harus mendribble, dan saling mengoper.
4. Team yang berhasil memasukkan balon ke keranjang lawan yang paling banyaklah yang memenangkan permainan ini

9. Lembaran Kalender
Perlengkapan: kalendar harian bekas (kalendar yang setiap ganti hari harus disobek)
Permainan ini dimainkan perorangan.

1. Bagikan kalendar kepada masing-masing peserta ketika mereka masuk ke ruangan.
Tanggal ganjil untuk peserta pria dan tanggal genap untuk peserta wanita.
2. Ajak peserta untuk:
a. Berkumpul sesuai dengan nama bulan yang sama
b. Berkumpul sesuai dengan nama hari yang sama
c. Berkumpul sesuai dengan tanggal yang sama
d. Mencari pasangan. Caranya umumkan angka antara 35 sampai dengan 55. Minta peserta untuk mencari peserta lain sehingga jika angka mereka berdua dijumlahkan hasilnya sama dengan angka yang Anda sebutkan. Misalnya, Anda menyebutan angka 45, peserta yang memiliki angka 17 harus mencari peserta yang memiliki angka 28. Peserta yang memiliki angka 30 mencari peserta yang memiliki angka 15.
3. Supaya permainan bertambah seru, beri batas waktu yang cukup singkat untuk masing-masing pertanyaan

10. Peras Spons
Perlengkapan: spons tebal, air, ember plastik
Permainan ini dimainkan secara berkelompok dan outdoor.
Waktu permainan: 15 menit

1. Bagi peserta dalam kelompok.
2. Bagikan sebuah spons dan dua buah ember plastik kepada masing-masing kelompok.
3. Suruh mereka untuk berbaris rapi.
4. Minta anggota kelompok paling depan untuk memegang spons, dan letakkan ember plastik yang sudah dipenuhi air di depannya.
5. Kemudian letakkan sebuah ember plastik kosong di dekat anggota kelompok yang paling belakang, ember ini nantinya untuk menampung air yang dipindahkan oleh mereka.
6. Permainannya adalah memindahkan air yang berada di ember depan ke ember belakang, dengan cara estafet spons. Peserta pertama mencelupkan spons kedalam ember, kemudian memberikannya ke peserta yang di belakangnya, dan seterusnya, sampai ke peserta terakhir. Peserta terakhir bertugas memeras spons itu sehingga airnya tertampung di ember kedua.
7. Bila spons itu jatuh di tengah-tengah jalan, maka harus diulangi lagi dari depan


Untuk yang punya ide bisa dikirim ke e-mailnya BKK FISIP dibkk08.unsrat@gmail.com



4 komentar:

  1. kumpulan Ice breaker nya keren abis...

    BalasHapus
  2. makasih, kalo punya ide, boleh dong di-share (^^,)

    BalasHapus
  3. sangat membantu sekali :)
    trimakasih. GBU

    BalasHapus
  4. wah keren nih...thanks dah di share..
    GB

    BalasHapus